×

tuliskan dan jelaskan 3 fase dalam operasi yang direncanakan komando mandala irian barat

Tahap Infiltrasi (penyusupan) ,yaitu dengan memasukkan 10 kompi di sekitar sasaran-sasaran tertentu untuk menciptakan daerah bebas de facto yang kuat sehingga sulit dihancurkan oleh musuh dan mengembangkan pengusaan wilayah dengan membawa serta rakyat Irian Barat.
Tahap Eksploitasi (yaitu mengadakan serangan terbuka terhadap induk militer lawan dan menduduki semua pos-pos pertahanan musuh yang penting.
mrymjameela
Tahap Konsolidasi ,yaitu dengan menunjukkan kekuasaan dan menegakkan kedaulatan Republik Indonesia secara mutlak di seluruh Irian Barat. mrymjameela
Tanyakan Sarahsalsabilah mengenai soal ini...

Jawabanmu berhenti

1. Tahap Infiltrasi (awal tahun 1962)
   Tujuan : menyusupkan pasukan TNI dan membentuk daerah2 de facto di Irian Barat serta      mengikut sertakan rakyat Irian Barat dalam perjuangan pembebasan Irian Barat. Operasi     militer tersebut antara lain operasi banteng di Fak-Fak dan Kaimana: Operasi Serigala di    Sorong dan Teminabuan: Operasi Naga di Merauke: Operasi Jatayu di Sorng, Kaimana, dan Merauke. Pada tanggal 15 Januari 1962 terjadi peristiwa Pertempuran di Laut Aru antara MTB Macan Tutul, MTB Macan Kumbang, dan MTB Harimau melawan Belanda yang menggunakan pesawat tempur dan mengakibatkan Komando Yos Sudarso dan Kapten Wiratno tenggelam.
2. Tahap eksploitasi (1963)
Pada tahap ini dilancarkan operasi Jaya Wijaya. tahap ini bertujuan untuk melakukan serangan terbuka terhadap induk militer lawan dan menduduki semua pos penting yg menjadi pertahanan musuh.
3. Tahap Kosolidasi (1964)
Bertujuan untuk mengakkan kekuasaan RI secara mutlak di Irian Barat.
Tetapi, tahap kedua dan ke tiga gagal dilancarkan karena ketahuan oleh seorang diplomat AS yaitu Ellsworth Bunker dan dilaksanakan usul perdamaian yang dikenal dengan nama Rencana Bunker/Bunker Planning.
  
   

Hai! Masih tidak yakin dengan jawabannya?

Periksa jawaban serupa

Bantuan gratis
pada tugas harianmu!

Menemui masalah dengan tugas harianmu?
Mintalah bantuan gratis!

80% pertanyaan memperoleh jawaban dalam waktu 10 menit

Kami tidak hanya menjawab, kami juga menjelaskan

Mutu dijamin oleh pakar kami

Ajukan pertanyaan tentang tugas harian-mu gratis!

Ajukan pertanyaan